Wednesday, February 02, 2011

Banten bersama Captiva

Bersama dengan majalah Autocar, saya berkesempatan untuk jalan-jalan ke daerah Banten. Mobil yang dipakai kali ini adalah Chevrolet Captiva AWD Diesel, cukup tangguh untuk melewati medan Banten bagian tengah dan selatan yang penuh bukit dan berkelok-kelok.

Tujuan pertama adalah ke Banten lama. Megunjungi kelenteng Avalokitesvara, benteng Speelwijk sampai masjid Agung Banten.

Pergi ke Serang jangan melewatkan untuk mencicipi makanan khas nya. Ada sate Bandeng dan Rabeg.


Hari kedua giliran menyusuri Banten bagian barat. Tetapi sebelum berangkat, kami sempat menyaksikan terlebih dahulu atraksi debus khas Banten.

Start dari Cilegon menuju pantai Anyer, mampir sebentar ke mercusuar tua buatan tahun 1885. Didekatnya juga terdapat pal 0 kilometer-nya jalur Anyer - Panarukan yang dibuat oleh Guberneur Jendral Daendels pada tahun 1806.


Menjelang siang hari, perjalanan kami teruskan ke Tanjung Lesung. Dengan kondisi jalan negara yang tidak terlalu mulus, perjalanan dari Anyer ke Tanjung Lesung kami tempuh selama 2,5 jam.

Di Tanjung Lesung, kami menginap satu malam di Villa Kalicaa. Sebuah villa resort yang romantis dengan private pool menghadap ke selat sunda. Konon perjalanan naik perahu ke pulau Krakatau bisa ditempuh dari Tanjung Lesung ini.


Hari ketiga adalah hari terakhir kami untuk menyudahi jalan-jalan Banten ini. Perjalanan menuju Jakarta melewati jalur selatan melewati kampung dimana suku Baduy bermukim.